A’wan PBNU Asasriwarni: Tuntutan Ber-qurban Berlaku Sepanjang Hayat

0


Sitinjausumbarnews.com - Orang  beriman haruslah setiap saat berusaha   mematikan  sifat-sifat  kebinatangan  pada diri  masing-masing. Seperti sifat sombong, serakah, individual, melakukan yang haram, menindas orang lain, arogans dan pergaulan bebas.

Demikian diungkapkan A’wan PBNU Prof. Asasriwarni, MH dalam khutbah hari raya Idul Adha 1445 H, Senin (17/6/2024) di lapangan halaman Balaikota Payakumbuh Jln. Veteran No. 70, Kelurahan Ikua Koto Dibalai Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Turut shalat Idul Adha bersama tersebut Pj. Wali Kota Payakumbuh Ir. Supriyanto M.A, Kepala Kemenag Kota Payakumbuh Joben dan pejabat lainnya di lingkungan Pemko Payakumbuh. Menurut Asasriwarni,  ibadah qurban  manifestasi  wujud ketulusan dari ketaatan kita untuk berjalan menuju ridha Allah.

Qurban secara formal hanya dilaksanakan ketika hari raya Idhul Adha,  namun tuntutan  ber-qurban tetap berlaku sepanjang hayat dan hidup manusia. Karena yang dituntut dalam ber-qurban adalah sikap batin  mendekat kepada yang diridhai Allah,” kata Asasriwarni guru besar UIN Imam Bonjol Padang ini.

Dikatakan Asasriwarni, sudah saatnya benar-benar berupaya melaksanakan ajaran agama Islam secara kaffah dalam setiap aspek kehidupan. Siapakah  yang tidak tergetar hati melihat betapa banyaknya korban dari bencana yang melanda negeri ini.

 

Semua adalah ujian,  peringatan. Bila  masih saja acuh tak acuh terhadap peringatan-Nya, masih memperturutkan hawa nafsu dan kesenangan dunia, tanpa mempersiapkan diri untuk kehidupan akhirat, amat mudah bagi Allah  menurunkan azab-Nya. “Karena itu, di hari  suci ini, apapun profesi dan status sosial kita, marilah sama-sama membuka mata hati,  menumbuhkan kesadaran bahwa hidup  tidak hanya di dunia. Dunia adalah perantara dan bekal untuk akhirat,” tutur Asasriwarni, Anggota Dewan Pertimbangan MUI Pusat ini.

Mari manfaatkan segenap apa yang Allah berikan sebagai jalan  mendekatkan diri kepada-Nya. Sudah saatnya  meninggalkan seluruh perbuatan yang merugikan diri dan orang lain,  merusak iman dan akhlakul-karimah. Saatnya juga meninggalkan sifat-sifat munafik dan fasiq. Mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.  Takutlah kita, karena Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasiq,” kata Asasriwarni.

Menurut Asasriwarni, keta'atan Ibrahim as kepada Allah dengan bersedia menyemblih anaknya, sungguh merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi umat Islam. Siapakah manusia di muka bumi ini yang tidak butuh harta, jabatan, kekuasaan, kehormatan,   anak dan segala macam yang mendatangkan kesenangan? Semua itu, sekali-kali tidak boleh menjadikan kita jauh dari keredhaan Allah. Justru sebaliknya, harta, jabatan, kekuasaan, ilmu dan juga anak, adalah amanah harus dikondisikan agar menjadikan kita makin mulia di hadapan Allah SWT.

Kalau  ingin mendapatkan posisi yang mulia disisi Allah selayaknya   mengikuti jejak langkah Ibrahim as yang dilanjutkan Rasulullah SAW yakni mengokohkan, ilmu dan iman sehingga memancarkan amal shaleh   tidak henti- hentinya. Wujud dari penghayatan iman kepada Allah niscaya akan membuahkan ibadah,   akhirnya ibadah akan melahirkan akhlakul karimah (akhlak yang baik dalam kehidupan) dan manjadikan manusia mulia disisi Allah, tutur Asasriwarni Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar. (at)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top