Peringati Hari Lahir Pancasila, Ketua DPRD Pariyanto : Hidupkan Kembali Budaya Gotong Royong

0

DHARMASRAYA, Sitinjausumbar.com– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto, menjadi narasumber Forum Group Discussion (FGD) Forkopimda dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Auditorium Kantor Bupati, Sabtu (01/06/2024).


FGD ini dihadiri oleh Bupati Dharmasraya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Muspida, dan seluruh pihak terkait se-Kabupaten Dharmasraya.


Dalam FGD tersebut, Pariyanto menyampaikan pentingnya pengamalan Pancasila dalam menyambut Bonus Demografi dan menghadapi Indonesia Emas 2045. Ia mengatakan bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang harus diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk generasi muda.


“Dengan kemajuan teknologi, kita perlu membentengi generasi penerus bangsa kedepan yang akan melanjutkan tongkat estapet pembangunan kedepan,” ujar Pariyanto.


Ia juga menekankan pentingnya menghidupkan kembali budaya gotong royong yang ada di masyarakat Dharmasraya, yaitu “Mambangkik Batang Tarandam”. Menurutnya, gotong royong merupakan salah satu nilai luhur Pancasila yang dapat membantu masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan di segala sektor.


Selain itu, Pariyanto juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga toleransi antar umat beragama dan suku bangsa. Ia mengatakan bahwa toleransi merupakan kunci untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama di tengah masyarakat Dharmasraya yang majemuk.


“Menjaga toleransi antar Umat Beragama dan suku bangsa, jangan sampai tergerus oleh paham-paham dari luar yang belum tentu pas atau sesuai dengan budaya juga berlaku pada pranata sosial kita di tengah-tengah masyarakat kita yang majemuk,” ujarnya.


Pariyanto berharap dengan momentum Hari Pancasila ini, kepemimpinan di Dharmasraya kedepannya dapat sesuai dengan harapan semua pihak. Ia mengatakan bahwa penentu untuk menuju Indonesia Emas 2045 adalah generasi muda.


“Tentu harapannya dengan momentum hari Pancasila ini kedepannya dalam melanjutkan kepemimpinan dapat sesuai dengan harapan kita semua, karena penentu untuk menuju Indonesia Emas 2045 adalah generesi Muda,” pungkasnya. 


FGD ini merupakan salah satu upaya Pariyanto untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pancasila dan nilai-nilai luhurnya. Ia berharap bahwa dengan memahami dan mengamalkan Pancasila, masyarakat Dharmasraya dapat bersatu padu untuk membangun daerahnya dan mewujudkan Indonesia Emas 2045. (Akn)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top