Bupati Sutan Riska Buka Sosialisasi Tahapan PILKADA 2024

0

 


DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku kerajaan menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Tahapan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya tahun 2024. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, pada hari Senin, (29/07/24).


Acara ini dihadiri Forkopimda, diantaranya Kapolres Dharmasraya AKBP Bagus Ikhwan, Ketua Pengadilan Negeri Pulau Punjung,  Ketua Pengadilan Agama, Kepala Lapas, Danramil Pulau Punjung, Mayor Sarinto, Perwakilan Kejari Dharmasraya, Ketua MUI, Aminullah Salam, Kepala OPD, Ketua dan Komisioner KPU beserta jajaran dan undangan lainnya.


Dalam sambutannya Bupati mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya Sosialisasi Tahapan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya Tahun 2024, yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Dharmasraya. 


“Semoga tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan terkendali. Sesuai dengan yang diharapkan,” kata Bupati.


Kemudia, Bupati juga memberikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, TNI/Polri beserta seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan PSU DPD RI dapil Sumatera Barat tahun 2024. Telah dilaksanakan dengan aman, tertib dan lancar, hingga penetapan suara terpilih baik di tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi. 


Walaupun dengan tingkat partisipasi masyarakat tidak seperti yang diharapkan. Namun semua itu tidak mengurangi upaya seluruh pihak yang sudah berjuang keras, untuk menyukseskan kegiatan tersebut.


Kata Bupati lagi, saat ini tahapan pilkada tahun 2024 telah berjalan. Sekarang sudah masuk tahapan pencocokan dan penelitian. Proses ini dilaksanakan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dan akan memasuki tahapan proses penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran di tingkat nagari, kecamatan terakhir di tingkat kabupaten yang akan ditetapkan menjadi DPR pada 23 September 2024 mendatang.


“Harapan kita bersama dalam proses penetapan DPT nantinya, seluruh pihak yang terkait benar-benar teliti terhadap penetapan hak pilih masyarakat. Jangan sampai ada masyarakat yang seharusnya mempunyai hak pilih malah tertinggal. Dan menjadi polemic pada saat pelaksanaan pemilihan tanggal 27 November 2024 mendatang,” kata Bupati lagi.


Suksesnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya tahun 2024 ini berawal dari data DPT yang baik dan konkrit.


Sesuai dengan PKPU nomor 2 tahun 2024, terkait tahapan dan jadwal pemilihan kepala daerah. Tahapan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya yang berasal dari perorangan sudah dimulai. Sementara yang dari partai politik akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2024 mendatang.


“Untuk itu, dalam kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh KPU hari ini kepada para tamu undangan yang telah hadir, mari kita simak dan tanyakan apa saja terkait proses dan syarat-syarat pencalonan. Sekiranya dapat menjadi kendala dalam tahapan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya tahun 2024 mendatang. Sesuai dengan PKPU nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota,” beber Bupati.


Pada saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya tahun 2024 ini, kami sangat berharao kepada pihak-pihak terkait untuk lebih meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar instansi penyelenggara, pengamanan. Dan juga pemerintah daerah, agar Pilkada tahun 2024 dapat berjalan dengan demokratis, jujur dan adil hingga terpilihnya pemimpin yang sesuai harapan masyarakat. 


“Kepada Parpol peserta pemilu tahun 2024 yang akan mendaftarkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, diharapkan untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dikalangan masyarakat. Dengan melakukan sosialisasi atasu kampanye dengan santun, tidak berbau sara, apalagi menyebarkan isu-isu yang tidak benar. Hal itu bisa menyebabkan konflik antar pendukung, karena di era sekarang informasi sangat mudah tersebar melalui HP dan medsos,” himbau Bupati lagi.


Oleh karena itu, Bupati menegaskan jika ingin pemilihan kepala daerah tahun 2024 dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar seluruhnya harus saling memperhatikan etika berpolitik yang baik, saling menghormati atar pasangan calon. Baik dari calon maupun dari para pendukungnya. 


Kepada masyarakat Kabupaten Dharmasraya Bupati juga berharap untuk tidak golput dan bijak menggunakan hak pilihnya, untuk menentukan calon kepala daerah terbaik menurut pilihan masing-masing.(akn)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top