Dharmasraya Tertinggi Ketiga di Sumbar Tingkat Pengangguran Terbuka

0

 


DHARMASRAYA, Sitinjausumbar.com – Dalam liris data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dharmasraya tahun 2023 tingkat pengangguran terbuka di daerah tersebut menduduki posisi ketiga tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Data tersebut disampaikan oleh Kepala BPS Dharmasraya, Taufik Amnul Hidayat, Senin (08/07/2024).


Taufik Amnul Hidayat mengatakan bahwa Dharmasraya berada di bawah Kota Padang dengan tingkat pengangguran terbuka 10,86 persen dan Padang Pariaman dengan 6,69 persen, dan Dharmasraya sendiri dengan angka 6,22 persen.


"Pengangguran merupakan hal yang natural dan selalu ada, terutama dengan bertambahnya angkatan kerja baru dari lulusan SMA dan S1 yang mencari pekerjaan," terangnya


Harap Taufik, agar pemerintah daerah fokus pada penciptaan lapangan pekerjaan baru, bukan menekan angka pengangguran yang sifatnya natural.


Ia mencontohkan Kota Padang yang memiliki tingkat pengangguran tertinggi karena menjadi pusat pembangunan dan memiliki dana besar. Hal ini menarik banyak pencari kerja, sehingga pengangguran di sana juga tinggi.


Dharmasraya sendiri mengalami hal serupa. Tingginya pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan dan jalan lintas di daerah tersebut menarik banyak pekerja dari luar daerah, sehingga meningkatkan angka pengangguran lokal.


Taufik menambahkan, pembangunan infrastruktur tersebut memang menyerap banyak tenaga kerja, namun umumnya pekerjaan ini tidak memerlukan skill khusus sehingga menyulitkan pencari kerja lokal untuk melamar.


Oleh karena itu, Taufik menyarankan agar pemerintah daerah fokus pada pengembangan skill dan daya saing angkatan kerja lokal, sehingga mereka mampu bersaing dalam mendapatkan pekerjaan di tengah tingginya pembangunan di daera.h tersebut. (*)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top