Dukung Industri Kecil dan Menengah, Pariyanto Hadiri Inovasi Gerakan Bangsa

0

 


DHARMASRAYA, Sitinjausumbar.com - Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto menghadiri inovasi gerakan bangsa melalui IKM produk anak negeri Dharmasraya yakni dalam rangka pengembangan dan peningkatan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di pulau Punjung Rabu (24/07/2024).


Ketua DPRD itu juga mendorong Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Kumperdag) untuk mengembangkan usaha yang produktif. "Supaya dapat membantu ekonomi masyarakat melalui bimbingan Kumperdag,” ucapnya. 


Selanjutnya itu ia juga memberikan apresiasi dengan semangat kepada anak negeri ini yang berinovasi mampu mandiri dan berhasil meluncurkan Gerakan Bangga Buatan Dharmasraya One Village One Primary Produck, atau disingkat Gerbang Budaya OVO Prima. 


Sementara Dinas Kumperdag Ronni Puska, ST sesuai namanya, inovasi ini berfokus pada pengembangan potensi-potensi industri kecil di nagari-nagari agar dapat tumbuh dan menghasilkan produk unggulan buatan anak negeri. 


Ia berharap hal ini mampu mendorong perkembangan Sentra Industri Kecil di setiap pelosok terutama bagi 52 nagari dan 11 kecamatan yang berada didaerah ini. Karena, sampai saat ini sudah terdapat beberapa Sentra IKM yang mulai berkembang seperti Kampung Batik Tanah Liek, Sentra Minyak Atsiri, Sentra Keripik Tempe, dan lain sebagainya. 


"Dengan adanya sentra IKM ini, tentu akan lebih memudahkan untuk pengembangan kedepannya,” cetusnya.


Dalam program ini, juga didukung oleh OPD terkait ndiantaranya Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian Dinas Pangan dan Perikanan Dinas Pemberdayaan Masyarakat bersinergi dalam meningkatkan dan mengembangkan Industri Kecil yang ada di Dharmasraya.


Ditambahkannya, secara tidak langsung dapat meningkatkan industri kecil yang berada yang berada disetiap nagari. "Dan selanjutnya juga dapat mendukung program pemerintah daerah dalam mengentas kemiskinan serta untuk pemulihan ekonomi di masa sekarang dan mendatang," pungkasnya.(*)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top